16 Mar 2014

Download Modul, Materi, ebook Sistem Informasi Geografis (GIS) menggunakan ArcView Dan beserta File SHP Profinsi, kabupaten, pulau Negara IndonesiaIndonesia

Pengertian Sistem Informasi Geografis
  • Aronoff, 1989 : Sistem Informasi Geografis (Geographic Information System/GIS) yang selanjutnya akan disebut SIG merupakan sistem informasi berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data atau informasi geografis .
  • ESRI,1990 : Suatu komponen yang terdiri  dari  perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk menangkap, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisis, dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.
  • Secara umum pengertian SIG sebagai berikut: Suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras,  perangkat lunak,  data geografis dan sumberdaya manusia yang bekerja bersama secara efektif untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.  
  Sejarah SIG
         Sistem ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1972 dengan nama Data Banks for Development. Munculnya istilah Sistem Informasi Geografis seperti sekarang ini setelah dicetuskan oleh  General Assembly  dari  International Geographical Union  di Ottawa Kanada pada tahun 1967.  Dikembangkan oleh Roger Tomlinson, yang kemudian disebut CGIS (Canadian GIS-SIG Kanada). CGIS  digunakan untuk menyimpan, menganalisa dan mengolah data yang dikumpulkan untuk inventarisasi Tanah Kanada (CLI-Canadian Land Inventory)  yang merupakan  sebuah inisiatif untuk mengetahui kemampuan lahan di wilayah pedesaan Kanada dengan memetakan berbagai informasi pada tanah, pertanian, pariwisata, alam bebas, unggas dan penggunaan tanah pada skala 1:250000.    

Komponen SIG
Menurut John E. Harmon, Steven J. Anderson, 2003, secara rinci SIG dapat beroperasi dengan komponen- komponen sebagai berikut :
  • Orang  yang menjalankan sistem  meliputi orang yang mengoperasikan, mengembangkan bahkan memperoleh manfaat dari sistem. Kategori orang yang menjadi bagian dari SIG beragam, misalnya operator, analis, programmer, database administrator bahkan stakeholder.
  • Aplikasi merupakan  prosedur yang digunakan untuk mengolah data  menjadi informasi. Misalnya penjumlahan, klasifikasi, rotasi, koreksi geometri, query, overlay, buffer, jointable, dsb.
  • Data yang digunakan dalam SIG dapat berupa data grafis dan data atribut.
  • Software adalah  perangkat lunak SIG berupa program aplikasi  yang memiliki kemampuan pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan, analisis dan penayangan data spasial (contoh : ArcView, Idrisi, ARC/INFO, ILWIS, MapInfo, dll).
  • Hardware  
Ok Untuk Melihat Kelanjutannya Kalian Bisa Download Dibawah Beserta Contoh File SPH Contoh Peta negara Indonesia. Seluruh Propinsi Indonesia Dan seluruh Peta kabupaten yang ada Di indonesia  yang kalian Bisa gabungin Dengan Software ARchview Download Disini

Link Download Modul SIG
 
Bab 1 Pengenalan SIG

Bab 2 Pengenalan SIG 2

Bab 3 Pembuatan Peta

Bab 4 Digitasi Dengan Arcview

Bab 5 Mengolah Peta

File SHP Peta Indonesia beserta profinsi Kabupaten dll
Ditulis oleh: hasan cakrabuana hasansundanisty Updated at : 3/16/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Komentari Link yang Mati Atau Eror supaya bisa diperbaiki
Berkomentarlah Yang Baik dan Bijak Terimakasih

newer posts older posts home