22 Mar 2014

Download Materi, Ebook, Modul DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) SPK


SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN / DSS


Sistem Pendukung Keputusan atau Decisson Support System merupakan suatu sistem yang menyediakan fasilitas untuk melakukan suatu analisis sehingga setiap proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh para pelaku bisnis akan lebih berkualitas dengan melihat keadaan bisnis yang sedang berjalan dan data-data dari luar perusahaan serta data-data privat dari pengambil keputusan.

Sistem pendukung pengambilan keputusan (DSS) adalah sistem berbasis komputer yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan dalam menggunakan data dan model untuk menyelesaikan masalah yang tidak terstruktur.

Definisi lain mengenai Sistem pendukung keputusan (DSS) adalah sistem informasi yang membantu untuk mengidentifikasi peluang di dalam pengambilan keputusan ataupun menyediakan informasi untuk menolong mengambil keputusan. Sistem informasi berbasis komputer yang mengkombinasikan model dan data untuk menyelesaikan  problem terstruktur maupun tidak terstruktur dengan keterlibatan pengguna yang luas.

Sistem pendukung ini membantu pengambilan keputusan manajemen dengan menggabungkan data, model-model dan alat-alat analisis yang komplek, serta perangkat lunak yang akrab dengan tampilan pengguna ke dalam satu sistem yang memiliki kekuatan besar (powerful) yang dapat mendukung pengambilan keputusan yang semi atau tidak terstruktur.

DSS menyajikan kepada pengguna satu perangkat alat yang fleksibel dan memiliki kemampuan tinggi untuk analisis data penting. Dengan kata lain, DSS menggabungkan sumber daya intelektual seorang individu dengan kemampuan komputer dalam rangka meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. DSS diartikan sebagai tambahan bagi para pengambil keputusan, untuk memperluas kapabilitas, namun tidak untuk menggantikan pertimbangan manajemen dalam pengambilan keputusannya.

Hal ini sesuai dengan dengan beberapa definisi DSS berikut ini:
A  (Raymond McLeod dan George Schell, 2004) yang menjelaskan bahwa “DSS menyediakan informasi pemecahan masalah maupun kemampuan komunikasi dalam memecahkan masalah semi-terstruktur. Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan periodik dan khusus, dan output dari model matematika dan sistem pakar”.
B  DSS menurut Moore and Chang, SPK dapat digambarkan sebagai sistem yang berkemampuan mendukung analisis ad hoc data, dan pemodelan keputusan, berorientasi keputusan, orientasi perencanaan masa depan, dan digunakan pada saat-saat yang tidak biasa.
C  Sistem Pendukung Keputusan (DSS) dibuat sebagai suatu cara untuk memenuhi kebutuhan seorang manajer dalam membuat keputusan yang spesifik dalam memecahkan permasalah yang spesifik pula.
D  Sistem pendukung keputusan (Inggris: decision support systems disingkat DSS) adalah bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan) yang dipakai untuk mendukung pengambilan keputusan dalam suatu organisasi atau perusahaan.
E  DSS dapat juga dikatakan sebagai sistem komputer yang mengolah data menjadi informasi untuk mengambil keputusan dari masalah semi-terstruktur yang spesifik.
F  DSS mencakup sumber daya individu dan kemampuan komputer untuk meningkatka kualitas keputusan.
DSS merupakan sistem bantu berbasis komputer untuk pengambilan keputusan dibidang manajemen.

Untuk Kelanjutanya Silahkan Download Dibawah ....Semoga Bermanfaat....

Download Materi, Ebook, Modul DECISION SUPPORT SYSTEM


1. Pengantar DSS

2. DSS

3. Manajemen DSS

4. Tahapan Pengambilan Keputusan

5. GDSS
Ditulis oleh: hasan cakrabuana hasansundanisty Updated at : 3/22/2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong Komentari Link yang Mati Atau Eror supaya bisa diperbaiki
Berkomentarlah Yang Baik dan Bijak Terimakasih

newer posts older posts home